Rabu, 29 April 2015

ANALISA RANCANGAN WEB E-COMMERCE



   Perkembangan internet di masa ini sudah mencapai tingkat yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan masa dimana internet baru dikembangkan. Penggunaan internet saat ini bahkan sudah menjadi gaya hidup baru, dimana orang-orang saat ini sudah tidak mau ambil pusing dengan suatu hal, karena di internet semua hal tersebut sudah tersedia.

   Hal ini juga berlaku dalam kehidupan/gaya hidup jual beli masyarakat. Jika pada zaman dahulu jumlah pasar (terutama pasar tradisional) hanya sedikit jumlahnya, juga sedikit jenis barang yang diperjualbelikan, saat ini muncul berbagai pasar modern yang menjual berbagai jenis barang. Tidak hanya menjual barang-barang pokok kehidupan seperti pasar tradisional, tetapi pasar modern juga menjual berbagai barang-barang yang bisa dibilang –tidak nyambung– dengan barang pokok kehidupan, seperti barang elektronik, bahkan sepeda anak pun juga dijual di pasar modern.

   Kembali ke penggunaan internet, karena internet usage sudah makin diminati saat ini, maka lama kelamaan manusia pun juga menjadi ogah jika melakukan apa-apa masih secara manual, “toh sudah ada internet”, mereka bilang. Maka dari itu, kebutuhan masyarakat saat ini adalah “apa-apa harus internet”, termasuk jual-beli.

   E-Commerce, menurut kamus Oxford adalah transaksi komersial yang terjadi secara elektronik melalui internet. E-Commerce inilah yang digandrungi karena masyarakat saat ini tidak perlu lagi ke pasar, toko, atau tempat jual beli untuk membeli sebuah barang. E-Commerce ini cukup digandrungi oleh manusia-manusia jaman sekarang, karena penggunaanya yang mudah, yaitu cukup duduk didepan komputer, pilih barangnya, bayar, dan cukup menunggu barang tersebut dikirim ke rumah.
Perkembangan e-commerce yang semakin maju, penggunaanya yang mudah, keamanannya yang cukup terjamin, membuat e-commerce semakin diminati masyarakat. Sehingga pada zaman ini, jika penjual-penjual barang masih bersikeras tidak mau beralih ke e-commerce, siap-siap saja pasar mereka akan dikuasai oleh mereka, penjual yang sudah beralih ke e-commerce.

   Apabila melihat apa yang sedang trend di e-commerce, maka dapat dilihat yang sedang laris dijual melalui e-commerce adalah fashion, telepon selular, dan berbagai macam barang lain. Memang telepon genggam laris dijual melalui e-commerce, namun dimana barang elektronik lain, terutama yang berkaitan dengan komponen-komponen komputer seperti processor, VGA, RAM, dan hardware-hardware lainnya?  Kami rasa hardware-hardware tersebut belum terlalu populer untuk dijual secara e-commerce, hal ini –setelah kami analisa bersama– bisa disebabkan karena:
1.       Menjual hardware secara e-commerce dianggap berisiko oleh sebagian penjual
2.       Dianggap berisiko karena hardware merupakan barang mahal
3.       Keamanan proses transfer uang yang masih bisa dijebol
4.       Proses pengantaran barang, apabila rusak dijalan maka kerusakan ditanggung oleh penjual (kalau dijual di toko, maka hardware akan dibawa pembeli, jika rusak di jalan maka sudah menjadi tanggung jawab pembeli)
5.       Jarang ada penjual hardware yang berani mengambil risiko, merintis bisnis jual-beli hardware melalui e-commerce


   Ketidakpopuleran inilah, yang membuat kami justru semakin tertantang untuk membuat web e-commerce tentang penjualan hardware, karena sepanjang yang kami amati, web e-commerce di Indonesia yang menjual hardware baru ada bhinneka.com. Padahal kebutuhan hardware di Indonesia sudah semakin banyak, yang akan menjadi tidak efisien apabila dipenuhi dengan melalui jual-beli biasa, karena jual-beli biasa prosesnya relatif lebih lama jika dibandingkan dengan e-commerce, sehingga kami rasa pembuatan web e-commerce ini merupakan salah satu yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia saat ini.



Berikut rancangan bagan menu :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar