Selasa, 09 Juni 2015

DAMPAK E-COMMERCE BAGI INDIVIDU, MASYARAKAT, DAN NEGARA

     Sebelum membahas dampak dari E-Commerce itu sendiri, saya akan menjelaskan apa itu E-Commerce. E-Commerce merupakan proses transaksi, berbelanja, atau berdagang secara online pada suatu website. Proses pembayaran biasa dilakukan melalui transfer uang secara digital (melalui akun PayPal atau kartu kredit). Tujuan dari E-Commerce sendiri adalah untuk meningkatkan produktivitas, namun teknologi ini ternyata memberikan dampak lain, diantaranya sebagai berikut :


Dampak E-Commerce bagi INDIVIDU

Dampak positif  :
- Meningkatnya produktivitas suatu individu.
- Memudahkan individu untuk berbelanja online yang dilakukan dengan mudah dan praktis di rumah.
- Para individu bisa mengelola bisnisnya sendiri tanpa bantuan karyawan.
- Para individu tidak memerlukan gedung atau bangunan untuk mengawali bisnisnya.

Dampak negatif :
- Perkembangan pada psikologis individu yang merasa kesepian dan depresi.
- Para individu menjadi sulit untuk bersosialisasi.
- Penipuan (barang yang dikirim oleh penjual ke pembeli bukanlah barang yang seharusnya).
Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.


Dampak E-Commerce bagi MASYARAKAT

Dampak positif :
- Peluang bagi orang yang memiliki keterbatasan. Dengan E-Commerce, para karyawan yang memiliki kekurangan (cacat / tidak dapat berpergian) dapat bekerja di rumah dengan memanfaatkan fasilitas internet.
- Perbaikan kualitas hidup. Bisnis melalui E-Commerce dapat mengurangi kapasitas pengangguran di lingkungan masyarakat. Para pekerja dapat bekerja tanpa modal yang cukup besar dan lahan yang luas.
- Terhubungnya masyarakat dengan masyarakat lain. Masyarakat di negara berkembang dapat mengakses dan menikmati produk, layanan, dan informasi yang mungkin sulit mereka temukan di daerahnya.

Dampak negatif :
- Kurangnya sosialisasi secara langsung antar masyarakat.
- Masyarakat menjadi kurang peduli dengan lingkungan karena terlalu sibuk / asyik dengan kehidupannya sendiri akibat E-Commerce.
Kesenjangan sosial. Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial antara orang-orang yang memiliki kemampuan teknis dalam E-Commerce dengan yang tidak, atau yang memiliki keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.


Dampak E-Commerce bagi NEGARA

Dampak positif :
- Menambah sumber devisa negara melalui keberhasilan produk lokal yang berhasil terjual ke luar negeri.
- Apabila produk lokal yang dipasarkan mendunia / terkenal, dapat mengangkat nama baik negara tersebut.
- Adanya kerja sama antar negara. Misalnya, jika negara A butuh suatu produk dari negara B, dan sebaliknya.

Dampak negatif :
- Perselisihan hak paten antar produk dari masing-masing negara jika terdapat kesamaan dari segi bentuk maupun isinya baik disengaja maupun tidak disengaja.
- Meningkatkan daya saing masing-masing perusahaan internasional. Dalam kasus ini berlaku hokum alam, dimana yang kuat yang akan bertahan.





Sumber :
http://ppak12unhas.tumblr.com/post/3796367633/dampak-teknologi-informasi-bagi-organisasi
http://www.academia.edu/5073999/Sistem_informasi_manajemen_Electronic_Commerce
http://ppak12unhas.tumblr.com/post/3796367633/dampak-teknologi-informasi-bagi-organisasi
http://mbarikarika.blogspot.com/?view=classic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar