Sabtu, 14 Januari 2017

Tugas Softskill - Bisnis Informatika Yang Baik

Hai semua ! Jumpa lagi dengan saya Bhakti (Ok, cukup basa-basinya hha)

   Postingan saya kali ini tentang bagaimana suatu bisnis informatika yang baik. Baik disini dalam artian bisnis itu cepat berkembang dari segi kualitas, maupun kuantitas. Untuk lebih lengkapnya akan saya bahas dibawah ini :

Apa itu Bisnis Informatika ?
   Seperti yang saya sudah posting mengenai Bisnis Informatika disini, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata "bisnis" memiliki arti suatu usaha komersial dalam dunia perdagangan, suatu bidang usaha, atau usaha dagang. Sedangkan kata "informatika" menurut KBBI berarti suatu ilmu tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam. Informatika juga memiliki arti suatu hal-hal yang berkaitan dengan informasi atau usaha dalam bidang informasi.


   Mengenai "bisnis", pasti telinga kita identik dengan kata "perusahaan". Ya, perusahaan merupakan salah satu jalan untuk berbisnis. Untuk mendirikan suatu perusahaan tidaklah mudah / semudah membalikkan telapak tangan kita. Banyak hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mendirikan perusahaan. Hal-hal tersebut sudah saya jabarkan pada postingan mengenai macam badan usaha. Tetapi apakah semua hal itu cukup untuk mendirikan suatu perusahaan atau bisnis informatika dengan kategori "baik" ?

   Menurut pendapat saya, untuk membuat suatu perusahaan atau bisnis informatika terdapat 3 hal penting, yaitu Perusahaan itu sendiri, Struktur Organisasinya, serta Layanan atau Produknya.


Perusahaan
   Perusahaan yang baik menurut pendapat saya bukan hanya urusan "modal besar" saja, tetapi harus memiliki latar belakang, tujuan, serta visi & misi yang jelas. Perusahaan juga harus menjamin kepuasan konsumen, bukan hanya anggota perusahaan itu sendiri saja.

Struktur Organisasi
   Layaknya sumpit, apakah kita bisa makan mie goreng (misalnya) hanya dengan menggunakan satu sumpit ? Kita bisa menggunakan potensi sumpit dengan maksimal ketika kita menggunakan dua buah sumpit, begitulah dengan struktur organisasi dari perusahaan. Setiap anggota organisasi pasti membutuhkan dan melengkapi satu sama lain. Tidak ada anggota yang lebih penting, semua anggota itu penting, baik itu CEO (Chief Executive Officer), CMO (Chief Marketing Officer), CTO (Chief Technology Officer), CFO (Chief Financial Officer), dan COO (Chief Operational Officer).

Layanan / Produknya
    Setiap perusaahaan atau bisnis (bidang informatika) pasti menghasilkan layanan atau produknya yang dipasarkan ke masyarakat atau client. Perusahaan atau bisnis informatika yang baik pasti memberikan layanan dan produknya yang berguna dan berkualitas bagi masyarakat atau client. Perusahaan harus menjamin bahwa dengan layanan atau produk tersebut dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat atau client.


Begitulah menurut pendapat saya mengenai bisnis informatika yang "baik". Apabila ada salah kata, mohon dimaafkan. Benar atau tidaknya, semua itu hanya sekedar "pendapat" saya. hehehee ;)

Terima kasih dan sampai jumpa lagi ya...


Sumber :
http://kbbi.web.id/bisnis
http://kbbi.web.id/informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar